Rambut Mudah Rontok Karena 5 Jenis Air Ini

Perubahan musim sering menjadi penyebab masalah rambut rontok dan kering. Selain pengaruh cuaca, produk rambut berbahan kimia juga memicu kerontokan rambut parah.
Ternyata ada hal penting yang sering kita lupakan saat merawat rambut. Air yang kita gunakan untuk mencuci rambut juga bisa menjadi sumber kerontokan itu sendiri. Berikut adalah lima jenis air yang dapat memicu kerontokan rambut, seperti dilansir Boldsky.
1. Air berklorin
www.easierparenting.com.au
Klorin adalah disinfektan kimia dan pengoksidasi yang ketika ditambahkan ke air dalam jumlah yang tepat tidak akan merusak rambut. Tetapi, itu akan menyebabkan masalah kekeringan pada rambut, jika digunakan untuk keramas secara teratur.
Klorin biasanya digunakan untuk menjaga air kolam renang tetap bersih. Dengan demikian, kalau Anda  ingin menjaga rambut tetap indah, disarankan untuk memakai tutup kepala saat berenang.
2. Air desalinasi
geographyblog.eu
 
Air jenis ini banyak digunakan di negara-negara Timur Tengah yang jauh dari sumber mata air. Proses desalinasi dilakukan dengan cara membuang kandungan garam dari air laut, sehingga air bisa diminum. Namun, jenis air ini dianggap buruk bagi rambut karena mengandung jumlah klorin dan natrium yang tinggi. Penggunaan air ini dapat menyebabkan rambut menjadi keriting, rapuh dan kekeringan, terutama pada akar rambut.
3. Air hujan
www.butterflywings.com.au 
Karena polusi udara yang tinggi, air hujan dapat membuat rambut kusam dan kering. Selain itu, hujan asam juga dianggap sangat berbahaya bagi rambut Anda.
4. Air sungai atau danau
www.deltabridges.com
Air yang dipompa baik dari sungai ataupun danau tidak baik untuk kesehatan rambut. Air jenis ini mengandung lebih sedikit mineral dan rentan terkena polusi lingkungan dan pencemaran seperti pertumbuhan bakteri.
5. Air sumur
tanjungpinangpos.co.id 
Air tanah berasal dari air hujan yang melewati lapisan bumi dan mengendap di bawah tanah. Jumlah tinggi mineral seperti zat besi dan magnesium yang ditemukan di dalam tanah juga dapat ditemukan pada air tanah. Mineral ini menyebabkan masalah kekeringan yang berlebihan pada rambut dan juga membuatnya tampak kusam.
Rambut manusia memiliki pelembap alami, protein yang disebut keratin dan melanin yang memberikan warna pada rambut. Namun, dengan adanya perubahan tren, banyak dari kita sering bereksperimen pada rambut.
Penggunaan bahan kimia dan pewarna yang berbahaya dapat menyebabkan kerusakan permanen dan jika air yang kita gunakan mengandung bahan kimia, kerontokan rambut akan semakin parah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga rambut tetap sehat dengan menggunakan produk alami dan menanamkan kebiasaan makan dan minum yang sehat.