5 Senjata Google untuk Lawan Para Raksasa Teknologi

Nexus 7 vs Kindle Fire


Google mengumumkan kehadiran tablet Nexus 7 kabarnya untuk melawan iPad, yang masih merajalela di ranah tablet PC. Namun melihat dari fokus yang mengedepankan pengalaman pengguna dalam konten, wajar memang kalau tablet ini lebih tepat untuk melawan Kindle Fire.

Memang Kindle Fire masih satu 'saudara jauh' karena menggunakan Android. Tapi seperti dikatakan pejabat Asus, Kindle Fire banyak menggunakan layanan buatan sendiri. Apalagi dengan kekuatan Amazon Store-nya.

Selain mempunyai bentang layar 7 inch, harga yang relatif murah menjadi indikasi bahwa Nexus 7 bukan ditujukan untuk melawan iPad. Meski mungkin juga pasar iPad nantinya sedikit terganggu.

Nexus Q vs Apple TV-Xbox 360

Benda bulat futuristik ini dirancang untuk memudahkan pengguna lebih mudah berbagi konten dan membuat hiburan di rumah bersifat lebih sosial.
Nexus Q dirancang untuk terkoneksi langsung dengan internet baik secara wireless maupun dengan konektor Ethernet, dan kontennya langsung dari cloud.

Jelas memang bahwa Nexus Q dihadirkan untuk melawan Apple TV dan Xbox 360 besutan Microsoft.

Satu-satunya yang mengganjal adalah masalah harga yang terbilang mahal. Satu perangkat ini dijual yakni USD 299 atau sekitar Rp 2,8 juta. Harga ini belum ditambah dengan USD 399 untuk speaker dan sepasang kabel tambahan seharga USD 49.

Mode baru Google+ vs Facebook Events

Situs jejaring sosial Google+ diumumkan memiliki mode 'party', yang memungkinkan ponsel Anda dapat memposting foto langsung ke Google+. Dengan mode ini juga semua informasi acara akan terhubung ke kalender.

Jelas fitur ini adalah untuk melawan Facebook yang masih mendominasi situs jejaring sosial dan boleh dibilang masih selangkah lebih maju.

Google Now vs Siri

Google membenamkan aplikasi Google Now yang mirip Siri di update Android 4.1 atau Jelly Bean. Kendati mirip, sejatinya asisten digital Google ini dinilai jauh lebih pintar bahkan dari Siri versi iOS 6.

Bagaimana tidak, 'Siri' ala Google ini tidak hanya mampu menjawab pertanyaan si empunya ponsel cerdas, akan tetapi juga mempelajari kebiasaanya. Sehingga bisa memberitahu--misalnya--jalan alternatif kalau lalu lintas tempat pengguna janjian mengalami kepadatan.

Knowledge Graph vs Wikipedia

Knowledge Graph di Android bukan dihadirkan secara terang-terangan untuk melawan Wikipedia. Namun mampu memberikan informasi mulai dari orang, berita, tempat dan banyak lain halnya yang menyediakan 500 juta topik.

Cukup ketik kata dan dengan satu klik, informasi akan segera didapatkan. Sehingga Wikipedia nampaknya harus waspada dengan aplikasi tambahan ini.



sumber 


No comments:

Post a Comment